Wednesday, June 13, 2012

JAWABAN TUGAS PERENCANAAN SDM


1.Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi permintaan-permintaan bisnis dan lingkungan pada organisasi di waktu yang akan datang dan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi tersebut di sebuaah organisasi atau perusahaan. Di mana secara lebih sempit perencanaan sumber daya manusia secara sistematik permintaan (kebutuhan) dan suplai tenaga kerja organisasi di waktu yang akan datang.selain itu  Perencanaan tenaga kerja dapat diartikan sebagai suatu proses menentukan kebutuhan akan tenaga kerja berdasarkan peramalan pengembangan, pengimplementasian, dan pengendalian kebutuhan tersebut yang berintegrasi  berkolaborasi secara serasi dengan perencanaan organisasi agar tercipta jumlah pegawai, penempatan pegawai yang tepat dan bermanfaat secara ,efeektif effisien,dan ekonomis bagi sebuah organisasi atau pun perusahaan. Perencanaan sumber daya manusia  menentukan kebutuhan akan tenaga kerja ini lebih dulu diperlukan jenis/mutu karyawan yang diinginkan sesuai dengan persyaratan jabatannya dan jumlah tenaga kerja yang akan ditarik. Masalah penentuan kebutuhan tenaga kerja, tidaklah hanya menyangkut bagian personalis tetapi juga untuk seluruh bagian (departemen) dalam perusahaan tersebut. Sebab nantinya mungkin karyawan-karyawan  tersebut akan bekerja pada bagian diluar bagian personalis, sesuai dengan kebutuhan. Karena itulah penentuan akan kebutuhan tenaga kerja perlu kerjasama antara bagian (departemen) yang memerlukannya dengan bagian personalis sebagai pelaksana operasionalnya.

2. Lingkup MSDM meliputi semua aktifitas yang berhubungan dengan sumber daya manusia seperti jadi seluruh aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan SDM secara umum mencakup dari :

1. Rancangan organisasi
2. Staffing
3. Sistem reward, tunjangan-tunjangan
4. Manajemen performansi
5. Pengembangan pekerja dan organisasi
6. Komunikasi dan hubungan masyarakat


Ø  Rancangan organisasi :
ini adalah langkah pertama dari MSDM dalam memulai membangun sebuah organisasi maka rancangan atau kerangka yang akan membanguna sebuah organisasi atau perusahaan harus dipikirkan dengan seksama karna ini merupakan sebagai dasar pembentukan SDM perusahaan .dalam  rancangan organisasi  memperhatikan berberapa hal hal di bawah ini:

-Perencanaan sumber daya manusia
-analisis pekerjaan
-rancangan pekerjaan
-Tim kerja
-Sistem informasi


Ø  Staffing :
 dalam proses ini SDM yang telah di peroleh dari berberapa langkah-langkah atau seleksi,evaluasi kinerja dalam berkerja mempengaruhi seorang staff untuk mendapatkan posisi yang ada atau di tawarkan di  sebuah perusahaan melalui prosedur yang  telah di tetapkan di rancangan awal sesuai dengan standard perusahaan yang telah di tetapkan
-

Rekrut/interview/memperkerjakan
-Promosi/pemindahan/separasi
-Pelayanan-pelayanan outplacement
-pengangkatan/orientasi
-metode-metode seleksi kerja



Ø  Sistem Reward :
di sebuah perusahan pastinya ada penilaian atau sebuah evalusi dari kinerja perusahan atau pun SDM yang ada di perusahaan tersebut.hal ini untuk mencipkan sebuah pengembangan kinerja perusahan yang lebih baik,efektif,efisien serta meningkatkan motivasi dari SDM yang di miliki perusahan,sistem reward juga di pakai dalam:
-

Program-program keamanan kerja
-Prosedur-prosedur pengaduan
-administrasi kompensasi
-admnistrasi pengupahan/penggajian
-administrasi tunjangan asuransi
-hubungan-hubungan kerja



Ø  Pengembangan kerja dan organisasi :
pengembangan kerja dan organisasi di lakukan seiring berjalannya perusahaan pengembangan dilakukan untuk meingkatkan kulitas dari SDM yang dimiliki perusahaan agar tidak tertinggal dengan kemajuan di luar perusahaan hal ini dilakukan secara berkala dengan melakukan evaluasi dari ketetapan yang telah berlaku di sebuah perusahan pengenbangan disini lebih menekankan  peingakatan kulitasdan kuantitas dari perusahaan tersebut selain pengembangan SDM di juga di kembangkan juga cara perusahaan atau strategi yang akan dapat meningkatkannilai perusahaan tersebut contoh contoh pengembangan kerja dan organisasi antara lain:

- Pengembangan pengawasan
- Perncanaan/ pengembangan karir
- Pelatihan keterampilan
- Program-program persiapan pensiun
- Penelitian-penelitian terhadap sikap



Ø  Komunikasi dan relasi publik :
selain mengembangkan SDM perusahaan disini juga perlu adanya hubungan interaksi dengan dunia luar yang berada di luar perusahaan.hubungan ini dilakukan untuk memperoleh informasi-informasi yang dapat meningkatkan SDM yang telah dimiliki.dengan komunikasi terjadi interaksi yang saling menguntungkan dan dengan hal tersebut perusahan dapat merencaakan arah perkembangan perusahaan di masa depan dengan SDM yangdi milikinya di saat ini.

·         Sistem-sitem informasi/laporan/catatan-catatan sumber daya manusia
·         komunikasi/ publikasi pekerja
·         Sistem Penyaranan
·         Sistem informasi SDM
·         Komunikasi pekerja
·         Penelitian SDM

3. karna HRD memainkan peran penting selain menjalankan fungsi secara menejemen adan ruang lingkupnya yang selalu bersinggungan dengan SDM yang ada di perusahaan Fungsi HRD memang tidak bisa terlepas dari “mengurusi karyawan”, tapi mengurusi dalam perspektif yang lebih strategis, dengan tujuan memberikan kontribusi yang optimal dalam meningkatkan kualitas, kompetensi dan kinerja SDM yang ada, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaaan.
selain itu HRD dalam mendukung pelaksanaan strategi perusahaan mencapai tujuannya melalui penyediaan, pemeliharaan dan pengembangan SDM yang memiliki kompetensi yang diperlukan perusahaan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, HRD harus mengarahkan menjadi mitra bisnis strategis dari top management untuk memastikan strategi SDM yang sesuai, guna mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
HRD tidak lagi hanya berfungsi administratif menangani data kepersonaliaan, atau sekedar pemberian jasa layanan ketenagakerjaan. Tapi, seharusnya menempatkan fokusnya kepada fungsi strategis sebagai mitra bisnis dan konsultan internal dalam memberikan solusi mengenai permasalahan yang terkait dengan faktor orang dalam organisasi. Apalagi, saat ini fungsi administratif telah dapat diotomatisasi dengan adanya dukungan teknologi informasi (Human Resources Information System).
Inilah yang menurut pandangan saya fungsi yang perlu menjadi point penting dan diperankan lebih baik oleh para praktisi SDM sehingga HRD dapat lebih baik dalam memberikan kontribusi secara langsung bagi pencapaian bisnis atau sasaran strategik organisasi. Untuk itu, para praktisi SDM dituntut memiliki serangkaian kompetensi yang tentunya berbeda dengan kompetensi yang dituntut untuk hanya sekedar fungsi administratif atau pemberi layanan ketenagakerjaan saja tapi bias lebih dari itu.

 4 . karna factor eksternal mempengaruhi Kesuksesan perencanaan sumber daya manusia menurut saya penilaian lingkungan secara menyeluruh dan akurat, baik lingkungan eksternal maupun internal menjelaskan lingkungan eksternal perusahaan terdiri atas seluruh kondisi serta kekuatan yang mempengaruhi pilihan strategis dan menentukan situasi kompetitifnya. Lingkungan eksternal adalah faktor-faktor di luar kendali perusahaan yang dapat mempengaruhi pilihan arah dan tindakan, struktur organisasi, dan proses internal perusahaan.karna factor eksternal ini di luar kemampuan atau kemampuan perusahaan  untuk mengendalikannya,Untuk melakukan suatu analisis eksternal, manajer juga akan menilai kekuatan dan kelemahan dari area-area fungsional yang utama dalam organisasinya, meliputi analisis keuangan, penilaian sumber daya manusia, audit pemasaran, dan analisis operasional. Analisis bermanfaat bagi para pembuat keputusan strategis, karena memberikan data mengenai fungsi, kemampuan, dan sumber daya organisasi sekaligus juga tingkat kinerjanya secara keseluruhan dengan mengetahui factor eksternal maka dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang tepat  untuk menghadapi tantang-tantangan ,ancaman-ancaman factor eksternal di luar perusahaan.karna sumber daya manusia yang akan digunakan untuk menghadapi factor-faktor eksternal yang komplek dan banyak akan menjadi ancamman perusahaan pasti akan di pilih sumber daya manusia yang memiliki standar yang tinggi pasti berbeda jika factor-faktor eksternalnya tidak begitu banyak dan factor tersebut tidak  berpengaruh banyak terhadap perusahaan.dan factor ini juga yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan sumber daya manusia yang akan digunakan untuk  mencapai tujuan yang telah di tetapkan perusahaan serta menghindari kerugian yang timbul dari perencanaan yang tidak tepat karna kesalahan analisis

No comments:

Post a Comment